KATA
PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha
Esa, karena dengan karunianya penulis dapat menyelesaikan tugas pembuatan rpp
ini ini. Adapun tujuannya adalah untuk menambah pengetahuan kepada pembaca
tentang Micro Teaching.
Tugas ini berisi beberapa informasi tentang Micro Teaching,
Silabus, Metode Pembelajaran, Pembelajaran Kelompok, yang kami harapkan dapat
memberikan informasi kepada para pembaca tentang arti, penjelasan dan
penerapannya.
Penulis
menyadari bahwa tugas ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan
saran dari semua pihak yang konstruktif selalu kami harapkan demi kesempurnaan
tulisan ini.
Akhir
kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta
dalam penyusunan tugas ini dari awal sampai akhir. Semoga Tuhan Yang Maha Esa
senantiasa meridhoi segala usaha kita. Amin.
Anjani, 1 agustus 2011
( Penyusun )
BAB I
PENDAHULUAN
Dalam mengajarkan Bahasa Indonesia guru harus meningkatkan kopetensinya terut ama dalam pengelolaan pembelajaran. Banyak hal yang perlu diperhatikan dalam pembelajaranoleh guru, yaitu tugas perkembangan siswa, pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), termasuk di dalamnya materi dan metode pembelajaran yang di sesuaikan dengan situasi dan kondisi siswa.
Dalam tugas pembuatan RPP ini akan di
bahas masalah perkembangan siswa, pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran
(RPP), termasuk di dalamnya materi dan metode pembelajaran yang di sesuaikan
dengan situasi dan kondisi siswa khususnya dalam mengajarkan materi tentang cerpen.
BAB II
PEMBAHASAN
RPP (Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran) Kelas X SMAN 1 SIKUR
Bidang Studi Bahasa Indonesia.
Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP) adalah Rencana yang menggambarkan Prosedur dan pengorganisasian
pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar
Isi dan dijabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas
mencakup1(satu) kompetensi dasar yang terdiri atas1(satu) indikator atau
beberapa indikator untuk1(satu) kali pertemuan atau lebih.
Landasan RPP adalah PP
no 19 tahun 2005 pasal 20, Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan
rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan
pembelajaran, materi pembelajaran,metode pengajaran,sumber belajar, dan
penilaian hasil belajar.
2.1. Komponen RPP
RPP disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan
dalam satu kali pertemuan atau lebih. Guru merancang penggalan RPP untuk setiap
pertemuan yang disesuaikan dengan penjadwalan disatuan pendidikan. Komponen RPP
meliputi:
1.
Identitas mata pelajaran, meliputi:
1. Satuan
pendidikan,
2. kelas,
3. semester,
4. programstudi,
5. mata
pelajaran atau tema pelajaran,
6. jumlah
pertemuan.
2.
Standar kompetensi.
Merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta
didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang
diharapkan dicapai pada setiap kelas dan/atau semester pada suatu mata
pelajaran.
3.
Kompetensi dasar,
Adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai
peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan
indikator kompetensi dalam suatu pelajaran.
4.
Indikator pencapaian kompetensi,
Adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau
diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang
menjadi acuan penilaian mata pelajaran. Indikator pencapaian kompetensi
dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan
diukur, yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
5.
Tujuanpembelajaran,
Menggambarkan proses dan hasil belajar yang
diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.
6.
Materi ajar,
Memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang
relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator
pencapaian kompetensi.
7.
Alokasi waktu,
Ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian
KD dan beban belajar.
8.
Metode pembelajaran,
Digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar
dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai kompetensi dasar atau
seperangkat indikator yang telah ditetapkan. Pemilihan metode pembelajaran
disesuaikan dengan situasi dan kondisi peserta didik, serta karakteristik dari
setiap indikator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap mata pelajaran.
9.
Kegiatanpembelajaran:
a) Pendahuluan.
Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu
pertemuan pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan
memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses
pembelajaran.
b) Inti.
Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk
mencapai KD. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif,
menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif,
serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirisan
sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta
didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses
eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.
c) Penutup.
Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan untuk
mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman
atau simpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindaklanjut.
d) Penilaian
hasil belajar.
Prosedur dan instrumen penilaian proses dan hasil
belajar disesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada
Standar Penilaian.
e) Sumber
belajar.
Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar
kompetensi dan kompetensi dasar, serta materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan
indikator pencapaian kompetensi.
1 komentar:
Harrah's Casino & Hotel - Mapyro
Harrah's 여수 출장샵 Casino & Hotel, Harrah's, Laughlin, NV, US 안산 출장마사지 | 89395 | United States. Harrah's Hotel & Casino. Hotel 안성 출장안마 - 1 군산 출장샵 Harrah's Blvd. Laughlin, NV, US 경상북도 출장안마 - Mapyro.
Posting Komentar