Well come....

Awenkanwani.blogspot.com

Kamis, 05 April 2012

MAKALAH MICROTEACHING


KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan karunianya penulis dapat menyelesaikan tugas pembuatan rpp ini ini. Adapun tujuannya adalah untuk menambah pengetahuan kepada pembaca tentang Micro Teaching.
Tugas ini berisi beberapa informasi tentang Micro Teaching, Silabus, Metode Pembelajaran, Pembelajaran Kelompok, yang kami harapkan dapat memberikan informasi kepada para pembaca tentang arti, penjelasan dan penerapannya.
Penulis menyadari bahwa tugas ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang konstruktif selalu kami harapkan demi kesempurnaan tulisan ini.
Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan tugas ini dari awal sampai akhir. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa meridhoi segala usaha kita. Amin.

Anjani, 1 agustus 2011

        ( Penyusun )





BAB I
PENDAHULUAN

          Dalam mengajarkan Bahasa Indonesia guru harus meningkatkan kopetensinya  terut ama dalam pengelolaan pembelajaran. Banyak hal yang perlu diperhatikan dalam pembelajaranoleh guru, yaitu tugas perkembangan siswa, pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP),  termasuk di dalamnya materi dan metode pembelajaran yang di sesuaikan dengan situasi dan kondisi siswa.
Dalam tugas pembuatan RPP ini akan di bahas masalah perkembangan siswa, pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), termasuk di dalamnya materi dan metode pembelajaran yang di sesuaikan dengan situasi dan kondisi siswa khususnya dalam mengajarkan materi tentang cerpen.



BAB II
PEMBAHASAN
RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) Kelas X SMAN 1 SIKUR
Bidang Studi Bahasa Indonesia.

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah Rencana yang menggambarkan Prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana Pembelajaran paling luas mencakup1(satu) kompetensi dasar yang terdiri atas1(satu) indikator atau beberapa indikator untuk1(satu) kali pertemuan atau lebih.
Landasan RPP adalah PP no 19 tahun 2005 pasal 20, Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi pembelajaran,metode pengajaran,sumber belajar, dan penilaian hasil belajar.
2.1. Komponen RPP
RPP disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. Guru merancang penggalan RPP untuk setiap pertemuan yang disesuaikan dengan penjadwalan disatuan pendidikan. Komponen RPP meliputi:
1.      Identitas mata pelajaran, meliputi:
1.      Satuan pendidikan,
2.      kelas,
3.      semester,
4.      programstudi,
5.      mata pela­jaran atau tema pelajaran,
6.      jumlah pertemuan.


2.      Standar kompetensi.
Merupakan kualifikasi kemam­puan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap kelas dan/atau semester pada suatu mata pelajaran.
3.      Kompetensi dasar,
Adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran ter­tentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompe­tensi dalam suatu pelajaran.
4.      Indikator pencapaian kompetensi,
Adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilai­an mata pelajaran. Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan dengan menggunakan kata kerja opera­sional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
5.      Tujuanpembelajaran,
Menggambarkan proses dan ha­sil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.
6.      Materi ajar,
Memuat fakta, konsep, prinsip, dan pro­sedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompe­tensi.
7.      Alokasi waktu,
Ditentukan sesuai dengan keperluan un­tuk pencapaian KD dan beban belajar.
8.      Metode pembelajaran,
Digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembela­jaran agar peserta didik mencapai kompetensi dasar atau seperangkat indikator yang telah ditetapkan. Pemi­lihan metode pembelajaran disesuaikan dengan situ­asi dan kondisi peserta didik, serta karakteristik dari setiap indikator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap mata pelajaran.
9.      Kegiatanpembelajaran:
a)    Pendahuluan.
Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan un­tuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
b)   Inti.
Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran di­lakukan secara interaktif, inspiratif, menyenang­kan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirisan sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi.
c)    Penutup.
Penutup merupakan kegiatan yang dilakukan un­tuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan dalam bentuk rangkuman atau simpul­an, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindaklanjut.
d)   Penilaian hasil belajar.
Prosedur dan instrumen penilaian proses dan hasil belajar disesuaikan dengan indikator pencapaian kom­petensi dan mengacu kepada Standar Penilaian.
e)    Sumber belajar.
Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kom­petensi.

1 komentar:

laeleocheltree mengatakan...

Harrah's Casino & Hotel - Mapyro
Harrah's 여수 출장샵 Casino & Hotel, Harrah's, Laughlin, NV, US 안산 출장마사지 | 89395 | United States. Harrah's Hotel & Casino. Hotel 안성 출장안마 - 1 군산 출장샵 Harrah's Blvd. Laughlin, NV, US 경상북도 출장안마 - Mapyro.