Well come....

Awenkanwani.blogspot.com

Kamis, 22 Maret 2012

TUGAS ANALISIS UNSUR EKSTRINSIK CERPEN/NOVEL SINOPSIS NOVEL DAN ANALISIS UNSUR EKSTRINSIKNYA BERJUDUL “SEANDAINYA AKU BOLEH MEMILIH”


TUGAS ANALISIS UNSUR EKSTRINSIK CERPEN/NOVEL
SINOPSIS NOVEL DAN ANALISIS UNSUR EKSTRINSIKNYA BERJUDUL “SEANDAINYA AKU BOLEH MEMILIH”
A.    SINOPSIS NOVEL
Novel ini diawali dengan pertemuan antara Bandi, Haris dan Riri. Pertemuan itu menghasilkan cinta segitiga dimana Riri telah menikah dengan Bandi yang keadaannya sangat lemah, tapi Riri juga berhubungan dengan Haris, dimana Haris adalah kakak Bandi. Dari hasil hubungan Riri dengan Haris, Riri mempunyai anak yang harus ditinggalkan sejak dia masih bayi.
Berawal dari hal tersebut, mulailah konflik antara Riri, Haris, Bandi dan Ibunya yaitu tentang kebenaran siapa ibu Doni. Dan akhirnya Bandi pun mengetahui kalau Riri telah berkhianat dengan kakaknya sendiri. Masalah pun belum selesai dimana Tanti tidak mau menyerahkan Doni kepada ibunya dan dia nekat bunuh diri.
"Bandi bukan mainan yang cocok untukmu. Aku tahu sekali cewek macam
apa kamu ini. Kamu bertukar pacar seperti ganti baju!". "Jangan samakan aku dengan cewek-cewekmu! Barangkali cinta cuma lelucon di kepalamu. Tapi aku betul-betul mencintai Bandi!". "Untuk berapa lama? Sampai kamu bosan bolak-balik mengantarnya ke dokter?" Seorang gadis binal bertemu dengan seorang pemuda berandal. Mereka sama-sama mengasihi Bandi. Dengan cara masing-masing mereka berusaha membahagiakannya. Kemelut timbul ketika dari padang kebencian tumbuh setitik benih cinta. Dan tambah rumit tatkala muncul perempuan yang kedua. Perempuan yang tidak mampu membela dirinya sendiri, tapi sanggup menjebloskan seorang laki-laki ke dalam penjara.
B.     ANALISIS UNSUR EKSTRINSIK NOVEL
Selain unsur-unsur instrinsik dalam sebuah analisis juga terdapat unsur-unsur ekstrinsik karena mempunyai keterkaitan. Adapun unsur-unsur ekstrinsik yang terdapat dalam novel “Seandainya Aku Boleh Memilih” yaitu :
  1. Biografi  Pengarang
Awal karir Mira W sebagai penulis dimulai pada tahun 1975, ketika cerpennya yang berjudul Benteng Kasih. Pada tahun 1977 Novel pertama Dokter Nona Friska. Selain menulis Mira W juga menekuni profesi lain sebagai dokter dan staf pengajar di Perguruan Tinggi di Jakarta.  Buku-buku karya Mira W diantaranya :
·                      Sepolos Cinta Dini (Gramedia, 1978)
·                      Cinta TaK Pernah Berhutang (1978)
·                      Permainan Bulan Desember (1979, Gramedia 1999).
  1. Nilai - nilaiSastra
    Nilai-nilai sastra yang tersirat dalam novel ini adalah nilai-nilai yang mendorong seseorang untuk menghargai karya orang lain.
  2. Nilai Moral
    Hendaknya kita harus mengalah kepada orang yang lebih lemah dari kita seperti yang dilakukan Haris dan Riri yang rela mengorbankan cintanya hanya untuk menyelematkan nyawa Bandi
  3. Nilai Agama
    Kita harus bersyukur atas apa yang telh diberikan oleh Tuhan seperti yang dilakukan oleh Bandi yang mensyukuri keadaan tubuhnya itu
  4. Nilai Sosial
    Rasa kebersamaan yang terjalin dapat merupakan suatu alasan untu memaafkan orang lain seperti dalam cerita ini dimana Bandi memaafkan kesalahan yang telah dilakukan Haris dan Riri
  5. Amanat
    Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca. Di dalam novel ini amanat yang dipergunakan adalah secara implisit yaitu pengarang mengemukakan pesannya secara tidak langsung. Jadi pembaca sendiri yang harus mencarinya (tersirat). Amanat dalam novel ini diantaranya :
  • Kita harus berbakti kepada orang tua
  • Kita harus mengendalikan diri kita atau hawa nafsu
  • Kita harus mengalah kepada orang yang lemah dari kita
  • Sebagai seorang istri kita harus berbakti dan menghormati suami
  • Kita harus mensyukuri atas apa yang telah diberikan oleh Tuhan.

1 komentar:

Alvian mengatakan...

Unsur-Unsur Ekstrinsik Secara Lengkap Apa Aja ?